1. Persyaratan Penerbitan SIM.

Persyaratan Penerbitan SIM Satpas Polres Blitar.

satlantaspolresblitar.com – Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi, persyaratan penerbitan SIM meliputi :
1. Persyaratan Usia.
2. Persyaratan Administrasi.
3. Persyaratan Kesehatan.
Untuk Persyaratan usia yang harus dipenuhi untuk pengurusan SIM adalah minimal 17 Tahun. Namun juga diberlakukan minimal usia untuk golongan SIM sesuai dengan gambar diatas. Sedangkan untuk persyaratan administrasi yang harus dipenuhi bagi pemohon SIM adalah memiliki KTP yang sah dan dokumen keimigrasian bagi warga negara asing. Selain persyaratan usia dan administrasi, pemohon SIM juga diwajibkan memenuhi persyaratan kesehatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

2. Mekanisme Penerbitan SIM.

Mekanisme Penerbitan SIM Baru
Mekanisme Penerbitan SIM Perpanjangan

Mekanisme penerbitan SIM di Satpas Polres Blitar dibagi menjadi 2 (dua) yaitu mekanisme penerbitan SIM Baru dan SIM Perpanjangan. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, pengurusan SIM Baru harus melalui Ujian Teori dan Ujian Praktek SIM. Sedangkan untuk pengurusan SIM Perpanjangan tidak melalui ujian SIM.

3. Biaya PNBP SIM.

Biaya PNBP SIM di Satpas Polres Blitar
Petugas Bank BRI di Satpas Polres Blitar

Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM yang berlaku di Satpas Polres Blitar sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di lingkungan Polri. Dan untuk mewujudkan transparansi pelayanan penerbitan SIM di Satpas Polres Blitar, pembayaran PNBP SIM langsung diterima oleh petugas Bank BRI Cabang Blitar melalui loket pembayaran yang ada di Kantor Satpas Polres Blitar

3. Durasi Waktu Pelayanan.

Durasi Waktu Pelayanan SIM Satpas Polres Blitar

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan_RB) telah membuat regulasi mengenai Standart Pelayanan sesuai dengan Permenpan-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standart Pelayanan, dimana didalamnya terdapat kewajiban penyelenggara pelayanan publik untuk menyusun durasi waktu pelayanan publik. Hal itu juga yang mendasari Satpas Polres Blitar untuk menyusun durasi waktu pelayanan penerbitan SIM di Satpas Polres Blitar. Durasi Waktu tersebut dibuat untuk dijadikan pedoman tentang kebutuhan waktu pelayanan yang harus dilaksanakan pada setiap Kelompok Kerja (Pokja) yang ada di Satpas.

4. Layanan Pengaduan Masyarakat bidang penerbitan SIM.

Sistem layanan pengaduan masyarakat di Satpas Polres Blitar

Untuk menciptakan pelayanan publik yang profesional, transparan dan akuntabel, Satpas Polres Blitar bekerjasama dengan Sie Propam Polres Blitar membuka sarana layanan pengaduan masyarakat khusus bagi masyarakat pemohon SIM. Sarana tersebut berupa ruang pengaduan yang berada di Satpas Polres Blitar yang didalamnya terdapat petugas dari anggota Sie Propam yang akan menerima segala bentuk pengaduan, saran dan kritik dari pemohon SIM terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh Satpas Polres Blitar. Selain sarana ruangan, layanan pengaduan juga dapat disampaikan melalui email, sms dan kotak saran yang disediakan di Satpas Polres Blitar.