Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM) pasal 24 disebutkan bahwa persyaratan penerbitan SIM meliputi : Persyaratan usia, persyaratan administrasi dan persyaratan kesehatan. Hal ini berlaku juga dalam pengurusan SIM di Satpas Polres Blitar. Persyaratan usia merupakan hal penting dalam proses penerbitan SIM dimana usia 17 tahun menjadi syarat minimal seseorang dapat melaksanakan proses penerbitan SIM.

Kemudian tidak kalah penting adalah persyaratan administrasi, dimana KTP Elektronik menjadi hal mendasar. Sistem aplikasi SIM di Satpas polres Blitar sudah menggunakan aplikasi SIM Online, dimana data kependudukan akan diintegrasikan dengan database SIM yang ada Polres Blitar. Untuk itu masyarakat diwajibkan memiliki KTP elektronik apabila akan melaksanakan pengurusan SIM, baik SIM Baru/Peningkatan atau SIM Perpanjangan/Hilang Rusak.

Selain itu, persyaratan kesehatan sesuai pasal 34 Perkap Nomor 9 Tahun 2012 dijelaskan bahwa persyaratan kesehatan meliputi persyaratan kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani dilaksanakan dengan pemeriksaan penglihatan pemohon SIM, pemeriksaan pendengaran, dan pemeriksaan fisik pemohon SIM. Untuk persyaratan kesehatan rohani meliputi kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan penyesuaian diri, stabilitas emosi dan ketahanan kerja. Penilaian atas kesehatan rohani dilakukan melalui penggunaan materi tes psikologi.