satlantaspolresblitar.com – Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha SIK., SH., MH menerima Kunjungan Tim ITK dari Mabes Polri di ruang rupatama Polres Blitar Selasa (16/07).

Tim ITK dari Mabes Polri adalah Kombespol Meilina D Irianti SH selaku ketua Tim, Ibu Tities Eka Agustine  S, Ap dari kemitraan lembaga police govermance indeks (PGI), dan AKBP Imam Mughni Pendaping Peneliti ITK. Kegiatan penelitian ITK  yang dihadiri oleh para Kabag, Kasat, Kasi dan Kaur Mintu Satker masing-masing untuk pengisian Quitioner yang diberikan oleh Tim ITK Mabes Polri.

Dalam Sambutanya Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha SIK., SH., MH mengatakan bahwa indeks tata kelola (ITK) Kepolisian Negara Republik Indonesia  adalah sebagai instrumen evaluasi keberhasilan  reformasi birokrasi  di tubuh polri dalam mewujudkan    Clean Government dan Good Governance, sebagai sasaran reformasi birokrasi polri yaitu mewujudkan aparatur Polri yang bersih dan bebas dari KKN, serta untuk meningkatkan pelayanan prima Kepolisian serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja Polri.

Saya sampaikan Bahwa  sejalan dengan program pemerintah yang  Terkait dengan reformasi birokrasi  untuk pengukuran indeks tata  Kelola pemerintah dengan menggunakan instrumen indeks tata kelola Kepolisian RI, maka  Polres Blitar  sejak desember 2018 telah Mencanangkan  pembangunan  zona integritas menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) dalam  Setiap unit-unit kerja yang ada di  Polres Blitar terutama  peningkatan Pada pelayanan publik,  sebagai  salah satu tolak ukur keberhasilan Indeks tata kelola Kepolisian RI.

Berbagai perbaikan  baik dibidang Sarana prasarana, peningkatan sdm melalui pelatihan-pelatihan, Anggaran, pengawasan, system dan metode serta inovasi  sudah Dilakukan  melalui program-program yang sudah dilaksanakan  oleh Polres blitar  yaitu pos jumrah, strong point, patroli berjamaah, suar Biru penataran  dengan harapan dapat memberikan pelayanan  prima Kepada masyarakat.Jelas Kapolres Blitar. Sementara Itu Kombespol Meilina D Irianti SH dalam sambutanya mengatakan terkait kedatangan tim dari Mabes Polri ke Polres Blitar ini untuk memberikan penilaian terhadap beberapa Polres di jajaran Polda Jatim Khususnya Polres Blitar.

Kegiatan penilaian tersebut dibagi dalam dua tahap yaitu tahap pertama dilakukan secara Internal yaitu melibatkan anggota Polres Blitar sedangkan tahap kedua dilakukan secara Eksternal yang melibatkan unsur DPR, Pemda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Insan Pers, Koramil dan Dinas – Dinas terkait lainnya. “Penilaian ITK ini sendiri yaitu untuk mengetahui sejauh mana pelayanan publik yang telah dibangun oleh Polres Blitar dan Inovasi- Inovasi apa saja yang telah dibuat dan upaya-upaya apa saja dalam perbaikan untuk pelayanan kepada masyarakat” tutur Ketua Tim Penilaian ITK. (*)